Bismillahi tawakkaltu 'alallah, La khaula wala quwwata illa billa hil 'aliyyil Adhim..

Minggu, 02 Agustus 2009

SUSUNAN HURUF PADA KEYBOARD

Keyboard bukanlah asing lagi bagi kita. apalagi yang kesehariannya bergelut dengan layar kaca berupa monitor komputer, karena mustahil menghadap monitor tanpa menggunakan kotak persegi panjang bernama keyboard ini.

Apakah ada yang bertanya tentang " Bagamana bisa huruf-huruf dalam keyboard ini tersusun sedemikian rupa?" " Kenapa huruf dalam keyboard tidak di susun berurutan??" menurut abjad gt?? hahaa,,, bila anda memiliki pertanyaan seperti itu, berarti anda memiliki pertanyaan yang seru[a dengan saya.
Yang jelas segala sesuatunya pasti memiliki sejarah bukan??.
Setelah muncul pertanyaan-pertanyaan tersebut, tanpa pkir panjang q putuskan untuk mencari tahu dengan membuka membuka" GOOGLE ". dan ternyata banyak juga artikel yang memuat tentang hal ini.

Berawal dari Christopher Sholes yang pertama kali menciptakan karyanya berupa mesin tik pada tahun 1874 Masehi. Pada mesin tik tersebut terdapat alat pencetak huruf yang bentuknya seperti tangkai yang panjang, dan jika tombol hurufnya ditekan, maka tangkai pencetak huruf tersebut bergerak dan mencetak huruf ke kertas dan terbentuklah huruf pada kertas tersebut.

Memang kali pertama Tuan Sholes itu menyusun huruf pada keyboard mesin ketik dengan sesuai urutan abjad. Tetapi kelemahannya, jika pengguna mengetik terlalu cepat, maka tangkai pencetak huruf yang hurufnya berdekatan (seperti X dengan Z misalnya), akan saling bertabrakan dan bertumpuk sehingga tangkai tersebut tidak dapat bergerak lagi karena saling menghimpit.

Karena masalah tersebut, pada tahun 1874, E. Remington menyempurnakannya dengan mengubah susunan huruf pada keyboard mesin tik dengan sistem “QWERTY”, yaitu di mana awal susunan huruf awal pada keyboard (pada kiri atas susunan keyboard). Ketika keyboard untuk komputer ditemukan, maka susunan huruf pada keyboard tersebut pun akhirnya disusun sesuai susunan huruf pada keyboard mesin tik, karena kebanyakan pengguna/pengetik sudah terbiasa dengan susunan QWERTY tersebut.

Tidak sampai di situ saja pencarian saya, ternyata tidak hanya sistem QWERTY saja yang digunakan pada keyboard komputer. Di beberapa negara, terdapat pula yang menggunakan susunan huruf keyboard dengan sistem DVORAK, AZERTY, QWERTZ, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar